Sistem Sering Gagal, Warga Keluhkan Lambannya Proses Layanan di Kantor BPN Medan

REDAKSI MEDAN

- Redaksi

Senin, 13 Oktober 2025 - 15:22 WIB

5039 views
facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MEDAN |

Sejumlah warga yang tengah mengurus sertifikat hak milik tahap ke III di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Medan, mengaku kecewa dengan lambannya proses pelayanan publik.

Keterlambatan itu disebut bukan karena kurangnya pegawai, melainkan karena sistem input data yang kerap gagal, sehingga proses pengurusan berkas menjadi tersendat.

ADVERTISEMENT

banner

SCROLL TO RESUME CONTENT

Salah seorang warga yang datang sejak pagi menuturkan, dirinya telah menyerahkan berkas ke petugas loket, namun hingga menjelang berakhirnya jam kantor pukul 16.00 Wib, dirinya belum mendapat kepastian kapan prosesnya dapat diselesaikan, bahkan pada hari hari sebelumnya hal seperti itu terus dialaminya.

Menurut pengakuannya, petugas hanya meminta warga untuk bersabar karena sistem sedang mengalami kendala teknis.

“Petugasnya bilang, sistemnya dicoba terus tapi gagal masuk. Jadi disuruh sabar dulu,” ujar seorang warga dengan nada pasrah saat ditemui di lokasi.

Menariknya, dari informasi yang diterima warga di lokasi, pihak BPN menyampaikan bahwa proses re-entry data baru bisa dilakukan setelah jam kerja berakhir, sekitar pukul 16.00 WIB.
Selama jam pelayanan berlangsung, sistem disebut sulit menerima input data.

“Selama jam kerja tidak bisa input, tapi katanya nanti sore sepulang jam kantor bisa dilakukan re-entry. Kalau begitu terus, berarti BPN buka pelayanannya sampai malam dong,” keluh warga lain.

Situasi ini menimbulkan dilema bagi masyarakat

Petugas memang memberikan opsi agar warga meninggalkan sertifikat aslinya untuk diproses kemudian, namun banyak yang memilih menolak karena khawatir terhadap keamanan dokumen berharga tersebut.

“Kalau disuruh tinggalin sertifikat asli, kami gak berani. Itu dokumen penting, takut hilang,” ungkap warga lain yang memilih menunggu meski lama.

Kondisi ini menjadi perhatian publik, karena pelayanan administrasi pertanahan seharusnya dapat berjalan efektif di waktu kerja resmi tanpa mengganggu hak masyarakat atas pelayanan yang cepat dan transparan.

Pengamat pelayanan publik menilai, gangguan sistem digital seharusnya tidak dijadikan alasan berulang.
Perlu adanya perbaikan infrastruktur IT dan sistem cadangan (backup server) agar pelayanan tetap berjalan meski terjadi kendala teknis di jam kerja.

Masyarakat berharap BPN Medan dapat segera mengatasi persoalan ini, sehingga pengurusan sertifikat tanah  yang merupakan hak hukum warga bisa berjalan lancar tanpa menunggu hingga “jam lembur” sistem bekerja.(red)

Berita Terkait

Pastikan Pelayanan Prima, Anggota Komisi XIII DPR-RI Bapak Maruli Siahaan Lakukan Kunjungan Spesifik bersama Warga Binaan
Lapas Sibolga Gelar Sosialisasi Penegakkan Aturan : TegasTolak Narkoba, HP Ilegal dan Pungli
Lapas Pancur Batu Gelar Sosialisasi Pemenuhan Hak Integrasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan
Lapas Kelas IIB Siborongborong Panen Terong Ungu Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional
Rutan Kelas I Medan Terima Kunjungan Studi Tiru dari Rutan Kelas IIB Tanjung Pura
Rahmadi Ungkap Tekanan di Polda Sumut: “Saya Dipaksa Baca Naskah Pengakuan Buatan Kompol DK”
PAGI MENYAPA DAN PENYULUHAN KESEHATAN BERSAMA WARGA BINAAN OLEH KALAPAS SIBOLGA DAN PEJABAT STRUKTURAL
Terdakwa Golraj Singh dan Korban Manraaj Singh Berdamai di PN Medan

Berita Terkait

Rabu, 15 Oktober 2025 - 15:34 WIB

Pastikan Pelayanan Prima, Anggota Komisi XIII DPR-RI Bapak Maruli Siahaan Lakukan Kunjungan Spesifik bersama Warga Binaan

Rabu, 15 Oktober 2025 - 12:49 WIB

Lapas Sibolga Gelar Sosialisasi Penegakkan Aturan : TegasTolak Narkoba, HP Ilegal dan Pungli

Rabu, 15 Oktober 2025 - 12:31 WIB

Lapas Pancur Batu Gelar Sosialisasi Pemenuhan Hak Integrasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan

Rabu, 15 Oktober 2025 - 11:30 WIB

Lapas Kelas IIB Siborongborong Panen Terong Ungu Dukung Program Ketahanan Pangan Nasional

Rabu, 15 Oktober 2025 - 11:04 WIB

Rutan Kelas I Medan Terima Kunjungan Studi Tiru dari Rutan Kelas IIB Tanjung Pura

Selasa, 14 Oktober 2025 - 20:47 WIB

PAGI MENYAPA DAN PENYULUHAN KESEHATAN BERSAMA WARGA BINAAN OLEH KALAPAS SIBOLGA DAN PEJABAT STRUKTURAL

Selasa, 14 Oktober 2025 - 20:04 WIB

Terdakwa Golraj Singh dan Korban Manraaj Singh Berdamai di PN Medan

Selasa, 14 Oktober 2025 - 19:27 WIB

Tingkatkan Infrastruktur, Lapas Lubuk Pakam Resmi Mulai Proyek Pembangunan Baru

Berita Terbaru